Sunday, April 21, 2013

How to appreciate others

Ini adalah sedikit catatan mengenai bagimana sebuah perjanjian pertemuan menjadi salah satu cara untuk menjadikan kita terlihat profesional dalam bekerja atau menjadi manusia sosial yang menyenangkan untuk orang lain

1. Jangan pernah menjanjikan pertemuan tanpa kejelasan waktu. Semua orang tidak hidup untuk menunggu anda sepanjang hari . Bahkan suami/istri sendiripun mempunyai kehidupan dan jadwal sendiri. Dan ingat, kita tidak hidup di dunia percenayangan yang bisa mengetahui pikiran orang lain tanpa bicara. jadi, tetapkan dan bicarakan waktu pertemuan pada orang yang akan ditemui termasuk rentang waktu luang kita untuk bertemu.
2. Tepat waktu menandakan kita menghargai orang yang akan kita temui. Orang lain bukan seperti penjaga keamanan yang bisa standby 24 jam sehari di sebuah tempat. Bahkan kalau bisa kita datang lebih awal 5-10 menit untuk memperlihatkan bahwa kita menghargai perjanjian tsb terutama perjanjian bisnis. 
3. Konfirmasikan apabila mengalami kendala dalam memenuhi janji pertemuan seperti macet,kecelakaan, ataupun tiba tiba kehilangan mood - you can always give a thousands reason -Bahwa kita akan sangat amat terlambat datang atau tidak akan datang sama sekali. Orang akan memandang kita tidak beritikad baik apabila kita baru mengkonfirmasikan terlambat tiba di waktu perjanjian. Apalagi perjanjian di tempat yang berjarak jauh , kita bisa memprediksikan waktu perjalanan misalnya seharusnya kita pergi pada jam 12 siang untuk appointmen jam 14, jelas akan terlambat apabila kita pada jam 13 belum pergi. Sebetulnya cara berhitung ini matematika yang paling sederhana . Jangan sampai kita dikira buta hitung atau tidak bisa baca jam atau tidak punya jam. Kayaknya mustahil karena di handphone pun ada penanda waktu.
4. Prediksikan lama persiapan sebelum meeting, kalau kita suka leyeh leyeh di bathtub berjam jam,memilih baju ber jam jam, harus ngepel dulu di rumah, punya kewajiban yang tidak bisa diganggu gugat buat jd ojeg,harus masak dulu , bangun kesiangan, ga punya alarm , minta ijin sama majikan yang berbelit belit, sediakan waktu yang cukup untuk itu daripada kita menjanjikan di waktu yang mepet.karena sudah dipastikan kita akan telat.
5. Apabila pertemuan melalui jalan jalan  yang rawan macet,bencana alam (longsor, banjir) , jalan rusak, maka ketika kita akan pergi menuju tempat pertemuan  kabarilah orang yang akan ditemui supaya apabila terjadi keterlambatan mereka bisa memaklumi dgn alasan, mungkin dia berenang dulu menyebrangi daerah banjir atau menggali tanah longsor supaya bisa lewat(emangnya mau kemanaa iniii...)
6. perhatikan moda kendaraan yg kita gunakan,kendaraan roda dua akan lebih cepat tiba dibandingkankendaraan roda 4, angkot, delman, bus , gerobak sampah atau berjalan kaki. Predict your time..
7. Ingatlah bahwa setiap orang akan mengingat janji, kalau kita pernah menjanjikan membawa sesuatu barang atau files ,persiapkan sebelum meeting. People love surprise.. Apalagi kalau kita membawakan hal yg sudah lama terlupa.
8. Keep contact, kabari bahwa kita telah pergi menuju tempat pertemuan dan akan tiba dalam rentang waktu yg diperkirakan ,  atau kalau telatnya gila gilaan boleh juga mengarang apabila di jalan dicegat paspampres untuk foto bareng presiden dulu, bertemu richard gere di jalan dan tidak bisa menolak makan siang dulu bersama dia (padahal bisa jadi kita masih tidur di rmah :D) eh tapi bohong ya jadinya hehe.. Dosa tanggung sendiri..
9. Beranilah untuk menggagalkan pertemuan tidak pada detik detik terakhir , apalagi kalau orang yg akan ditemui sudah dalam perjalanan atau sudah sampai di tempat pertemuan. Ketika kita memakai sejuta alasan yg tidak masuk akal , orang lain akan tetap menilai kita membodohi orang tersebut . Berani jujur akan lebih dihargai apalagi dengan keinginan untuk memperbaiki dengan menawarkan perjanjian lain yang mengikuti waktu klien / orang yg gagal bertemu.
10. Keprofesionalan kita dalam bekerja akan diragukan ketika untuk perjanjian meeting santai pun kita sering terlambat, tidak datang dan tidak menepati janji. Dan jangan harap orang lain akan mempercayai kita kalau untuk menjadi tepat waktupun belum bisa dilakukan.

Sekian dan terimakasih (ini materi kuliah atau apa yak)

No comments:

Post a Comment